Tahun Keempat Pelaksanaan Musrenbang Anak Kab.Bulukumba

186


Bulukumba kla.id
PERANGI SI COVID” (Pelibatan Anak dalam Pembangunan di Masa Covid-19) adalah tema yang diusung oleh komunitas Forum Anak Panrita Lopi Kabupaten Bulukumba dalam pelaksanaan kegiatan sehari Partisipasi Anak dalam Pembangunan (Musrenbang Anak) Tingkat Kabupaten, bertempat di Aula BAPPEDA Kab. Bulukumba.

Secara harfiah anak merupakan cikal bakal serta asset berupa sumber daya manusia yang kelak dapat meneruskan generasi keluarga dan juga memiliki peran besar dalam membantu pemerintah membangun bangsa dan negara. Keterlibatan anak sendiri dalam Perencanaan Pembangunan menjadi indikator pemenuhan hak sipil dan kebebasan, khususnya hak partisipasi anak. Kesempatan ini tentu dijadikan peluang bagi anak untuk turut serta memberikan ide/gagasan yang bermanfaat dalam pembangunan khususnya di Kabupaten Bulukumba.

Anak memiliki hak dalam mengemukakan pendapat demi kesejahteraan masyarakat khususnya kesejahteraan anak itu sendiri, ketersediaan ruang partisipasi anak merupakan salah satu indikator terukur dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA). Pelaksanaan Partisipasi Anak dalam Pembangunan (Musrenbang Anak) tahun ini merupakan tahun keempat yang dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bulukumba, sejak diselenggarakan untuk pertama kalinya pada tahun 2018 yang saat itu diprakarsai oleh Bappeda Kab. Bulukumba.
Tujuan dilaksanakannya Partisipasi Anak dalam Pembangunan (Musrenbang Anak) ialah tersusunnya mimpi bersama sebagai usulan pembangunan yang pro terhadap anak yang partisipatif, transparan, dan akuntabilitas menuju Kabupaten Bulukumba sebagai Kabupaten Layak Anak yang paripurna.

Adapun kegiatan Partisipasi Anak dalam Pembangunan (Musrenbang Anak) dilakukan dalam tingkat kecamatan dan kabupaten. Tingkat kecamatan dilaksanakan selama lima hari mulai dari tanggal 19 – 26 Januari 2021 masing-masing di Kec. Ujung Loe, Kec. Ujung Bulu, Kec. Herlang, Kec. Kajang, Kec. Bulukumpa, Kec. Rilau Ale, Kec. BontoTiro, Kec. BontoBahari, Kec. Gantarang, dan juga Kec.Kindang. Sedangkan Partisipasi Anak dalam Pembangunan (Musrenbang Anak) tingkat kabupaten dilakukan selama satu hari pada tanggal 28 Januari 2021 dengan agenda berupa Pemaparan Hasil Usulan Musrenbang Kecamatan masing-masing oleh Tim Delegasi Tingkat Kecamatan.

Kegiatan Partisipasi Anak dalam Pembangunan (Musrenbang Anak) Tingkat Kabupaten yang diselenggarakan di Aula BAPPEDA Kab. Bulukumba ini dihadiri oleh 20 orang delegasi kecamatan yang terdiri atas pelajar SMP dan siswa SMA perwakilan dari masing-masing kecamatan, Camat dari masing-masing kecamatan, OPD, fasilitator dan panitia acara dengan tetap mematuhi protokol kesehatan 3M; Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan.
Kegiatan Partisipasi Anak dalam Pembangunan (Musrenbang Anak) Tingkat Kabupaten dibuka oleh Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan, Djunaedi Abdillah, mewakili Bupati Bulukumba. Ia berpesan bahwa ada tiga kunci penting bagi anak saat ini diantaranya; Taat pada ajaran agama yang dianut, Patuh pada orangtua, dan Patuh terhadap protokol kesehatan. Ia juga berharap usulan dari para delegasi kecamatan dapat diakomodir oleh pemerintah dan stakeholder terkait tahun ini dan paling lambat tahun depan.
“Kami dari Forum Anak Panrita Lopi Kabupaten Bulukumba melalui kegiatan Partisipasi Anak dalam Pembangunan (Musrenbang Anak) Tingkat Kabupaten berharap kegiatan ini dapat menjadi ajang untuk menyalurkan aspirasi baik dari bidang sosial, sarana dan prasarana, serta bidang ekonomi. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi anak-anak bulukumba untuk mencurahkan keresahan mengenai permasalahan di lingkungan tempat tinggal anak seperti: balap liar, minuman keras, pernikahan usia anak, kekerasan, dan permasalahan lain yang marak terjadi sehingga kegiatan Musrenbang Anak diharapkab Anak diharapkan dapat menjadi wadah untuk saling membantu antar masyarakat (khususnya anak) dan pemerintah mendapatkan solusi dari permasalahan-permasalahan yang terjadi. Selain itu, melalui kegiatan ini harapan dari anak-anak semakin didengarkan dan tidak hanya berdasarkan dari sudut pandang orang dewasa saja. Kami juga berharap harapan dan usulan yang kami suarakan dapat terealisasi demi kemajuan dan pemenuhan kebutuhan anak.” Ucap Shafa Syahrani perwakilan Forum Anak Panrita Lopi Kabupaten Bulukumba.

pendapat memiliki hak dalam mengemukakan pendapat demi kesejahteraan masyarakat khususnya kesejahteraan anak itu sendiri, ketersediaan ruang partisipasi anak merupakan salah satu indikator terukur dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA). Pelaksanaan Partisipasi Anak dalam Pembangunan (Musrenbang Anak) tahun ini merupakan tahun keempat yang dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bulukumba, sejak diselenggarakan untuk pertama kalinya pada tahun 2018 yang saat itu .Musrenbang anak yang dilaksanakan hari Kamis, tanggal 28 Januari 2021 ditengah pandemi covid 19 ini dilaksanakan secara offline di Aula Kantor BAPEDA ini, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang diprakarsai oleh Bappeda Kab. Bulukumba