Tanamkan Nilai Anti Korupsi Forum Anak Maros Bermain Majo Junior

57
Forum Anak bermain Majo Junior

Maros (kla.id) Forum Anak sebagai organisasi anak yang berperan sebagai Pelopor dan Pelapor diharapkan juga bisa menjadi agen sebaya untuk menanamkan nilai Anti Korupsi. Forum Anak Buttasalewangan Maros bermain Majo Junior sebelum pelaksanaan Musrenbang Anak bertempat di Gedung Baruga B Kantor Bupati Maros (Senin, 16/03/2020),.

Permainan Majo Junior digagas oleh Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK). Majo Junior ini terdiri dari Papan Permainan, Kartu Putih yang berisi pertanyaan-pertanyaan atau situasi dimana dalam kartu putih ini sendiri terdiri dari putih polos, putih dengan logo SPAK berlatar belakang  biru,putih,  hijau  serta  kartu  kesempatan,  kartu  merah  yang  berisi satu  pertanyaan (sebagai  Hukuman  jika  tidak  mampu  menjawab  pertanyaan  di  kartu Putih),  4  Buku  Panduan (ringkasan Materi dari Tindak Korupsi, Gratifikasi, Suap dan Pencucian Uang yang dibahas secara rinci, sederhana dan mudah dicerna), dan Buku Pedoman permaian serta kunci Jawaban.

Permainan  ini dapat dimainkan oleh 4  orang / 4  kelompok  bermain  yang  kemudian dipandu 2 fasilitator (1 untuk memandu permaianan dan yang 1 sebagai juri untuk menghitung nilai). Pada Papan Permainan Majo Junior, tiap sisi terdapat 4 Kotak (masing-masing berwarna Hijau, Oranye, Biru dan Ungu)). Masing-masing sisi terdapat 5 kotak yang bertuliskan (Perilaku Koruptif, Gratifikasi, Suap,Tindak  Pidana  Pencucian  uang  dan Perilaku  Anti  Korupsi.  Kemudian  Tiap  warna  akan mewakili satu orang atau 1 kelompok bermaian. Kelompok yang mendapatkan nilai tertinggi itulah yang dianggap sebagai pemenang dalam permainan ini.

Permainan Majo junior ini memang dikemas dengan semenarik mungkin sehingga peserta didik akan  tertarik  dan  merasa  melakukan  persaingan  dengan  lawanya  sepertihalnya dalam lomba Cerdas Cermat. Selain meningkatkkan ilmu pengetahuan mengenai Tindak Pidana Korupsi, permainan ini juga dapat meningkatkan kerja otak pada anak. Dengan kemasan yang sederhana namun menarik ini diharapkan peserta didik akan lebih mudah untuk menyerap dan mengingat mengenai Perilaku korupsi, Pencucian uang, suap dan gratifikasi. Jika sejak awal anak sudah paham dan berani mengatakan tidak untuk Korupsi maka ini akan menjadi bekal ia hingga dewasa.

Masa  anak-anak  merupakan masa dimana  ia akan menyerap  segala hal  yang ia  ketahui dan mencoba mempraktekkannya. Jika anak sudah diajarkan untuk berperilaku jujur sejak kecil maka kecenderungan untuk tidak jujur hingga ia dewasa akan hilang. Seringkali anak menjadi modus dalam permainan kotor ini, dan seringkali anak pula yang menjadi korban atas perilaku orang tuanya. Forum Anak sebagai agen Pelopor dan Pelapor diharapkan mampu menjaga dirinya sendiri serta mampu melindungi atau mencegah orang tuanya untuk masuk kedalam perilaku koruptif tersebut.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Maros Idrus berharap permainan Majo Junior ini diperkenalkan oleh Pengurus Forum Anak untuk menanamkan nilai anti korupsi bagi anak di Kabupaten Maros, baik di kegiatan Forum Anak maupun di lingkungan sekolah atau organisasi anak lainnya.