TERAPKAN PRINSIP 3R PENGELOLAAN SAMPAH

223

BULUNGAN (kla.id) – Kerja bakti massal dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional berlangsung di Pasar Induk Jl Sengkawit, Tanjung Selor pada Jumat pagi (22/2). Kegiatan yang diikuti Polda Kaltara, Kodim 0903 Tjs serta Pemkab Bulungan dan Pelajar tingkat SLTA, SLTP, SD dan TK/PAUD yang ada di Tanjung Selor tersebut bertujuan membangun kesadaran masyarakat untuk menerapkan prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dalam pengelolaan sampah.

Prinsip 3R dalam pengelolaan sampah meliputi sikap dan perilaku mendaur ulang, menggunakan kembali serta mengurangi sampah. Pemerintah juga menargetkan Indonesia akan bebas sampah pada 2020. Selain itu, sampah berupa kantong plastik yang tak terurai menjadi ancaman kehidupan dan ekosistem.

Wakapolda Kaltara, Komisaris Besar (Kombes) Polisi Drs Zainal Arifin Paliwang, SH., M.Hum dalam sambutannya menyampaikan, adanya Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada 21 Februari berdasarkan peristiwa kelabu di Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat, pada 21 Februari 2005.
Peristiwa naas terjadi akibat curah hujan yang tinggi dan ledakan gas metana pada tumpukan sampah. Akibatnya 157 jiwa melayang dan 2 kampung yaitu Kampung Cilimus dan Kampung Pojok hilang dari peta karena tergulung longsoran sampah yang berasal dari Tempat Pembuangan Akhir Leuwigajah.

Tragedi ini memicu dicanangkannya Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati tepat di tanggal insiden itu terjadi.
“Kita berharap seluruh komponen masyarakat dapat meningkatkan kesadaran mengelola sampah dengan prinsip 3R,” terang Kapolda. Dilanjutkan, Pasar Induk di Jl Sengkawit, Tanjung Selor yang berada di pusat kota hendaknya dapat menunjukkan kondisi yang bersih serta menjadi contoh pengelolaan sampah yang baik. Pasar juga menjadi tempat aktifitas masyarakat yaitu pertemuan antara penjual dan pembeli.

“Mudah-mudahan Pasar Induk di Ibukota Provinsi Kaltara ini ke depannya dapat lebih bersih,” harapnya. Bupati bersama jajaran Pemkab Bulungan turut berpartisipasi dalam kerja bakti massal di Pasar Induk. Termasuk Bappeda dan Litbang Bulungan yang menampilkan karya daur ulang sampah plastik.
https://www.bulungan.go.id/v5/index.php/kontak-kami/1250-terapkan-prinsip-3r-pengelolaan-sampah