Tingkatkan Konsumsi Ikan Anak-anak PAUD se-Kabupaten Gianyar ikuti Parade Gemar ikan

51

Anak-anak PAUD se-Kabupaten Gianyar mengawali sosialisasi Gemar Makan Ikan dengan mengadakan parade. Parade yang mengambil tema tentang dunia ikan dan lingkungannya, disaksikan langsung oleh Bunda PAUD Kabupaten Gianyar yang sekaligus juga Ketua Forikan Kab. Gianyar (Forum Peningkataan Konsumsi Ikan) di depan Open Stage Bali Budaya Gianyar,(27/5).

 

Selayaknya dunia anak-anak, parade inipun berlangsung sangat meriah dengan berbagai tingkah kepolosan yang ditunjukkan. Mereka mengintepretasikan apa itu ikan, bagaimana menjaga lingkungan habitat ikan hidup, hingga menu olahan ikan sesuai dengan pikiran dan kreasi mereka sebagai anak-anak.  Seperti yang ditegaskan oleh Bunda PAUD Kab. Gianyar, Ny. Surya Adnyani Mahayastra. Dengan menggandeng Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gianyar, tema parade kali ini adalah tentang ikan dan manfaat makan ikan. Bagaimana mereka diajarkan sejak dini, bagaimana cara menjaga lingkungan kali, kolam, sungai maupun laut tempat ikan tinggal agar tetap bersih, sekaligus mengajak agar anak-anak doyan makan ikan, yang tentu saja disesuaikan dengan umur mereka.

 

Parade ini menurut Ny. Adnyani Mahayastra merupakan salah satu cara untuk memberikan ruang pada anak- anak PAUD juga gurunya untuk bisa berkreasi sesuai dengan minat dan bakat mereka masing-masing.  Mereka di sekolah sudah diajarkan bagaimana menari dan menyanyi, parade ini adalah wadahnya.

“Selain daging, ikan juga mengandung protein yang penting untuk tumbuh kembang anak karena ikan terbukti mengandung Omega 3 yang sangat penting bagi perkembangan otak anak,” tegas Ny. Adnyani Mahyastra.

 

Pada kesempatan itu, Bunda PAUD di dampingi Plt Kadis Pendidikan Kab. Gianyar I Wayan Sadra,SH.MH. mengatakan, SK. Keputusan Bupati Gianyar Nomor 761/E-05/HK/2019 tentang Penegerian dan Penetapan PAUD, SDN,SMPN Berbasis Agama Hindu di Kabupaten Gianyar. Ada 10 yang menerima SK Keputusan yaitu TK Kumara Wiyata Manukaya, TK Kerta Winangun Santi Tulikup, TK Widya Craya Peliatan Ubud, TK Kumara Santhi Guwang, SDN I Bona, SDN 4 Batuan, SDN 1 Bukian, SMPN 3 Blahbatuh, SMPN 2 Sukawati dan SMPN 2 Payangan.

 

“ Kita coba dari awal bangun pondasinya, sehingga nanti kedepannya kita mampu menghasilkan anak-anak yang beretika sesuai dengan agama Hindu,” tegas Ny. Adnyani Mahayastra.

Sementara itu, menurut ketua panitia, Kabid PAUD Dinas Pedidikan Kab. Gianyar, D.N.P Manuaba,SP,M.Si menjelaskan, selain parade, dan sosialisasi gemarikan juga diadakan lomba menggambar bersama keluarga yang diikuti oleh 21 peserta wakil dari 7 kecamatan di Kab. Gianyar. Sedangkan untuk anak-anak PAUD diikuti hampir 350 anak-anak PAUD Kecamatan se-Kabupaten Gianyar.

Tujuan lomba ini menurut Manuaba adalah memberikan suatu media pada anak-anak dalam upaya ,menumbuhkembangkan minat anak-anak untuk mengkonsumsi menu berbahan serba ikan. Dimana program gemarikan merupakan salah satu langkah dalam mewujudkan pemahaman kesadaran masyarakat.

Hal senada juga ditegaskan dalam sambutan Bupati Gianyar yang dibacakan oleh Plt. Dinas Kebudayaan Kabupatern Gianyar I Wayan Sadra, SH.MH. Pemerintah akan selalu mendukung setiap upaya untuk membantu meningkatkan kecerdasan dan tumbuh kembang anak-anak di Gianyar. Ditegaskan juga, untuk PAUD ke depan akan terus ditingkatkan  untuk mendapatkan standar mutu pendidikan sehingga mampu menghasilkan generasi yang cerdas serta berahlak baik. Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala DKPKP Kab. Gianyar Ir. Dewi Hariani, kepala DP3AP2KB Gianyar Cok. Lesmana Trisnu, wakil Ketua 2 TP.PKK kab. Gianyar Ny. Dwikorawati Wisnu Wijaya dan beberapa undangan OPD terkait.

(DP3AP2KB Kabupaten Gianyar)